SOTO SANGKA: NIKMATNYA KULINER DI BANYUMAS

Kedunguter, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53193. Lihat peta

Buka : Pukul 08.00 – 17.00 WIB
Harga : Rp. 13.000

Selain soto Sokaraja yang terkenal di Purwokerto, ada satu lagi soto asli Banyumas yang sudah sangat legendaris yaitu Soto Sangka. Kata “Sangka” berasal dari nama pemiliknya yaitu Pak Sangka. Pak Sangka merintis usaha soto ini sejak tahun 1925. Sejak Pak Sangka meninggal dunia tahun 1965, soto sangka sekarang dikelola oleh anaknya.

Dari dulu hingga sekarang soto sangka dibuat tanpa menggunakan bumbu penyedap rasa, dan menggunakan tungku api dengan bahan bakar kayu untuk memasak kuah sotonya. Soto sangka disajikan bersama dengan sambal kacang yang kental.

Soto sangka berisi ketupat, daging ayam kampung, daun bawang, kecambah, kacang, dan bawang goreng. Di soto sangka ini tidak disajikan kerupuk yang diremas / kerupuk yang berwarna warni sebagai pelengkapnya. Untuk pelengkapnya ada kerupuk, gorengan, dan peyek.

Lokasi soto sangka berada dipinggir jalan dan ada petunjuk lokasinya sehingga mudah untuk ditemukan. Walaupun tempatnya kecil tetapi ketika jam makan siang selalu ramai dikunjungi, artis dan pejabat juga sudah pernah merasakan nikmatnya soto sangka asli Banyumas ini.

Teks Kuliner Purwokerto

0 Response to "SOTO SANGKA: NIKMATNYA KULINER DI BANYUMAS"

Post a Comment