FESTIVAL KENTONGAN BANYUMAS

Jl. Jenderal Sudirman, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Lihat peta


Festival Kenthongan Banyumas merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas. Acara ini menjadi momentum untuk mendorong masyarakat melestarikan budaya Banyumasan dan menjaga kelesetarian kesenian ditengah gempuran modernisasi. Acara diikuti oleh 27 Kecamatan dan diselenggarakan pada bulan Agustus pada minggu kedua atau ketiga.

Setiap tahunya, festival kentongan menjadi acara yang ditunggu-tungu masyarakat Banyumas, mulai dari anak-anak, pelajar, sampai mahasiswa, ribuan orang dari penjuru Banyumas berbondong-bondong memadati jalan Jenderal Sudirman untuk menyaksikan festival kentongan. Banyak juga yang rela datang sejak sore hari, magribnya sholat di Masjid Agung Baitussalam Purwokerto, setelah itu sembari menunggu acara duduk sambil ditemani secangkir kopi.

Baca juga:
Live Streaming Festival Kentongan, ATCS Banyumas

Sekitar pukul 19.00 WIB, jalanan sudah dipadati orang yang berjejer dikanan kiri, dan menyisakan ruang ditengah untuk lewat para peserta festival. Kemeriahan acara dimulai ketika peserta festival menampilkan kreasi dipanggung kehormatan, mulai dari tarian sampai kolaborasi yang memperlihatkan kekompakan tim yang akan dinilai oleh tim juri. Peserta festival terlihat atraktif ketika menampilkan kemahiran dalam menari maupun memainkan kentong untuk menarik perhatiaan dewan juri.

Standing applause kerap kali dilakukan dan terdengar suara riuh gemuruh penonton dengan tepuk tangannya untuk grup kentongan yang tampil memukau. Tak sampai disitu, setelah perform selesai peserta grup kentongan berjalan menuju finish dengan menampilkan berbagai kreasinya.

Teks Arief Hidayat Foto Dinporabudpar Banyumas

Cara menuju ke sana:
BANYUMAS
Alun-Alun Banyumas, Ke Utara - Kalibagor - Sokaraja, Ke Kiri - Jl. Jendral Sudirman Sokaraja, Ke Kanan - RS Margono Soekarjo, Ke Kiri - Tugu Adipura(Air Mancur) Ke Kanan - Jl. Jendral Sudirman, Ke Kiri - Alun-Alun Purwokerto

Alun-ALun Banyumas 16.3 KM

GALERI FOTO FESTIVAL KENTONGAN BANYUMAS

0 Response to "FESTIVAL KENTONGAN BANYUMAS"

Post a Comment