PENJAMASAN JIMAT KALISALAK


Jamasan jimat adalah upacara ritual untuk membersihkan benda-benda pusaka, seperti keris, tombak, dn sebagainya. Ritual jamasan jimat dilakukan setiap tahun pada bulan Mulud/Ra'biul Awwal. Sampai saat ini, ritual jamasan jimat masih dilaksanakan di desa Kalisalak, Kebasen Kabupaten Banyumas.

Acara dilaksanakan 2 hari, malam sebelum puncak acara masyarakat berkerumun untuk mendatangi lokasi penjamasan, kebanyakan dari mereka membeli baju atau perlengkapan lainya sampai menikmati kuliner. Selain itu terdapat tradisi maleman dan musik untuk menghibur masyarakat yang datang ke jamasan jimat kalisalak.

Puncak acaranya yaitu prosesi kirab yang dari rumah adat Mandala Kaloka/barat lapangan sampai lokasi, berjarak sekitar 1 KM. Kirab diikuti para punggawa yang membawa tombak sampai dengan kesenian yang terdapat di Banyumas. Prosesi dilakukan dipelataran rumah dan yang ditunggu-tunggu adalah hasil penjamasan, terdapat kemungkinan apa yang akan terjadi kedepan, misal dibidang pertanian, apakah akan panen banyak atau tidak.

0 Response to "PENJAMASAN JIMAT KALISALAK"

Post a Comment