Bagian 1
-
Penanganan masalah pendidikan diantaranya ditempuh dengan membangun SD kecil untuk melayani kebutuhan pendidikan di daerah terpencil yang dilakukan pada pelita V, di samping SD reguler di wilayah-wilayah yang padat penduduk.
Ejaan pada kalimat di atas menjadi benar jika diperbaiki dengan cara ….
- menulis kata diantaranya menjadi di antaranya
- menulis kata pelita V menjadi PELITA V
- menghilangkan tanda koma (,) setelah kata pelita V
- menulis kata di samping menjadi disamping
Jawaban : aYang lazim adalah di antara dan di antaranya (kata di dan antara diberi spasi). Fungsi di pada frasa ini adalah sebagai kata depan yang menunjukkan tempat dan bukan sebagai awalan pembentuk kata kerja pasif. Kata di selalu ditulis terpisah saat berfungsi sebagai kata depan dan baru ditulis serangkai kala berfungsi sebagai awalan. -
Penyalahgunaan NAPZA (Narkotika, Alkohol, Psikotropika, dan Zat Adiktif) pada remaja dapat terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah lemahnya hubungan dalam lingkungan keluarga. Pengasuhan orang tua dan monitoring disiplin yang tidak efektif, serta komunikasi yang kurang juga memicu munculnya masalah penggunaan obat. Faktorfaktor risiko dalam keluarga juga bisa memicu munculnya sumber kerentanan remaja untuk mencoba melarikan diri dari masalah dengan menyalahgunakan NAPZA.
Simpulan yang tepat untuk paragraf di atas adalah ….
- Pengasuhan orang tua memengaruhi perilaku anak.
- Penyalahgunaan NAPZA berbahaya di kalangan remaja.
- Usia remaja rentan terhadap pengaruh narkoba.
- Penyalahgunaan NAPZA di kalangan remaja harus ditanggulangi.
Jawaban : dSimpulan adalah hasil penarikan intisari dari sebuah permasalahan yang diungkapkan dalam paragraf. Simpulan paragraf tersebut terdapat di kalimat utama. Ada pun simpulan paragraf tersebut adalah (D) Penyalahgunaan NAPZA di kalangan remaja harus ditanggulangi. -
Pada laporan penelitian ini, parodi kehidupan - yang di dalamnya terdapat tuturan berbentuk sindiran - yang ada dalam masyarakat nelayan di pantai selatan ujung timur Pulau Jawa tidak hanya dibahas wujud bahasanya tetapi juga dikaji norma-norma dan nilai-nilai yang mendasarinya.
Ejaan pada kalimat di atas menjadi benar jika diperbaiki dengan cara ….
- mengganti tanda pemisah (–...–) dengan tanda koma (,...,)
- menulis tanda koma (,) sebelum kata tetapi
- menulis kata pantai selatan dengan huruf awal kapital
- menambahkan tanda koma (,) setelah kata Pulau Jawa
Jawaban : bTanda koma dipakai untuk memisahkan kalimat setara yang satu dari kalimat setara berikutnya yang mendahului kata seperti ‘tetapi’ atau ‘melainkan’. -
Untuk meraih gelar juara dalam liga Indonesia, setiap anggota tim kesebelasan sepak bola berlatih intensif setiap hari.
Makna istilah intensif dalam kalimat di atas adalah ….
- sungguh-sungguh
- terus-menerus
- memiliki aturan
- terjadwal
Jawaban : aIntensif adalah adjektiva (kata sifat) secara sungguh-sungguh dan terus menerus dalam mengerjakan sesuatu hingga memperoleh hasil yang optimal.
-
Dalam satu wilayah yang dihuni berbagai etnik terjadi integrasi budaya sehingga menghasilkan budaya baru.
Makna istilah integrasi dalam kalimat di atas adalah ….
- percampuran
- penyatuan
- pembauran
- pembentukan
Jawaban : eIntegrasi budaya merupakan istilah antropologi penyesuaian antara unsur kebudayaan yang saling berbeda sehingga mencapai suatu kes erasian fungsi dalam kehidupan masyarakat.
-
(1) Di sekolah-sekolah tertentu, seorang guru bidang studi harus merangkap mengajar bidang studi di luar kewenangannya. (2) Sebenarnya sediaan tenaga guru yang direncanakan secara makro telah mencukupi kebutuhan, tetapi masalah penempatan guru masih tetap terjadi. (3) Faktor penyebabnya adalah keterbatasan jumlah yang dapat diangkat dan sulitnya menjaring tenaga kerja yang tersedia di daerah terpencil.
Dalam bacaan di atas, terdapat bentukan kata yang tidak sesuai dengan konteks kalimatnya, yakni ….
- kata merangkap (kalimat 1)
- kata mengajar (kalimat 1)
- kata kewenangannya (kalimat 1)
- kata sediaan (kalimat 2)
Jawaban : bMakna kalimat (1) Di sekolah-sekolah tertentu, seorang guru bidang studi harus merangkap mengajar bidang studi di luar kewenangannya tidak jelas siapa yang diajar dan seharusnya kata mengajar ditambah akhiran -kan menjadi mengajarkan.
-
Terjadinya abrasi yang mengancam keles tarian pantai karena diakibatkan oleh hilangnya hutan bakau di sekitar pantai yang menjadi pelindung alami dari gempuran ombak.
Kalimat di atas menjadi kalimat baku apabila diperbaiki dengan cara ….
- menambahkan tanda koma (,) sebelum kata karena
- menghilangkan kata karena
- mengganti kata diakibatkan dengan kata disebabkan
- mengganti kata oleh dengan kata telah
Jawaban : cKalimat di atas menunjukkan hubungan akibat - sebab. Sehingga kata hubung yang tepat adalah disebabkan. -
Hutan yang rusak dapat menyebabkan lenyapnya jutaan tanaman sehingga produksi oksigen bagi atmosfer jauh berkurang.
Kalimat di atas merupakan perluasan dari kalimat dasar ….
- Hutan rusak menyebabkan lenyapnya tanaman
- Hutan rusak
- Hutan lenyap
- Jutaan tanaman lenyap
Jawaban : aKalimat dasar adalah kalimat pokok yang mempunyai pola dasar kalimat sebagai berikut.
- Kalimat Transitif
Pola dasar kalimatnya: SPO - Kalimat Taktransitif
Pola dasar kalimatnya: SP
Kalimat tersebut tergolong kalimat aktif transitif.
-
(1) Banyak orang yang ingin menurunkan berat badan dengan melakukan kegiatan olahraga yang keliru. (2) Mereka hanya melakukan kardio yang lambat karena mengira itu adalah cara yang tepat untuk membakar lemak. (3) Kardio memang membakar lemak, tetapi jumlahnya hanya sebanyak persentase total kalori yang dibakar. (4) Karena kalori yang dibakar sedikit, berarti jumlah lemak keseluruhan yang dibakar juga sedikit. (5) Lebih dari itu, tidak seperti kebanyakan latihan yang pembakaran kalorinya tetap berjalan setelah kita berolahraga, sesi latihan kardio yang tidak eisien akan berhenti membakar lemak begitu kita berhenti berolahraga.
Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf di atas adalah ….
- Kardio merupakan olahraga yang keliru untuk menurunkan berat badan.
- Kardio membakar lemak yang jumlahnya lebih rendah dari jumlah kalori yang dibakar.
- Semakin banyak kalori yang dibakar berarti semakin banyak lemak dalam tubuh yang terbuang.
- Orang kegemukan karena cara berolahraga yang keliru.
Jawaban : aJawaban A sesuai dengan pernyataan yang terdapat pada kalimat (1) Banyak orang yang ingin menurunkan berat badan dengan melakukan kegiatan olahraga yang keliru.
-
Dalam pergaulan sosial, setiap persoalan harus dikonirmasi terlebih dahulu agar tidak terjadi itnah dan pengambilan tindakan yang sewenang-wenang.
Makna istilah dikonirmasi dalam kalimat di atas adalah ….
- diperjelas persoalannya
- dilihat kebenarannya
- dipastikan benar salahnya
- dikaji sumber masalahnya
Jawaban : cKonirmasi artinya memberitahukan sesuatu yang terkait dengan seseorang, tetapi orang tersebut tidak mengetahuinya. Konfirmasi juga bisa berarti menyatakan atau menegaskan sesuatu; pembenaran; tentang kebenaran.
Bagian 2
-
Hutan merupakan penopang kelestarian kehidupan di bumi karena tidak hanya menyediakan bahan pangan ataupun bahan produksi, melainkan juga menjadi penghasil oksigen, penahan lapisan tanah, dan penyimpan cadangan air.
Kalimat di atas menjadi kalimat baku apabila diperbaiki dengan cara ….
- menambahkan tanda koma (,) sebelum kata karena
- menulis kembali kata hutan setelah kata karena
- mengubah kata ataupun menjadi dan
- mengubah kata melainkan menjadi tetapi
Jawaban : dKalimat baku adalah suatu kalimat yang sesuai dengan aruran-aturan atau kaidah pembentukan kalimat berdasarkan Ejaan yang Telah Disempurnakan (EYD).
-
Beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia menyelenggarakan program pertukaran dosen dan mahasiswa. Program ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan pengalaman dosen dan mahasiswa tentang budaya dan pembelajaran di PTN lain. Meski sudah dirintis sejak tujuh tahun silam, program tersebut baru dimulai tahun ini karena memerlukan penyesuaian pada tiaptiap PTN.
Ide pokok paragraf di atas adalah …
- intensitas kerja sama antar-PTN
- penyelenggaraan program pertukaran dosen dan mahasiswa antar-PTN
- kebermanfaatan program pertukaran dosen dan mahasiswa antar-PTN
- penambahan wawasan dan pengalaman mahasiswa PTN
Jawaban : bIde pokok paragraf berada di dalam kalimat utama berbentuk kalimat aktif transitif. Ide pokok paragraf tersebut adalah penyelenggarakan program pertukaran dosen dan mahasiswa antar-PTN.
-
Hubungan atau keterikatan emosional antara orang tua dan anak adalah anugerah alami yang dimiliki setiap orang tua dalam mengasuh dan membesarkan anak-anak mereka. Orang tua secara alamiah telah melakukan tugas dan fungsi pengasuhan anak sejak peran sebagai orang tua dimulai. Akan tetapi, dalam realitasnya tetap diperlukan pengetahuan dalam khazanah pengasuhan anak remaja agar mereka tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkotika dan obatobatan terlarang.
Simpulan yang tepat untuk paragraf di atas adalah ...
- Orang tua memerlukan bekal pengetahuan dalam mengasuh anak.
- Anak dan orang tua dalam pengasuhan memiliki hubungan emosional.
- Orang tua memiliki peran penting dalam mengasuh anak sejak dini.
- Orang tua berkewajiban membesarkan anak-anak mereka.
Jawaban : eSimpulan adalah hasil penarikan dari sebuah permasalahan yang diungkapkan dalam paragraf. Simpulan yang sesuai dengan paragraf tersebut terdapat dalam kalimat Hubungan atau keterikatan emosional antara orang tua dan anak adalah anugerah alami yang dimiliki setiap orang tua dalam mengasuh dan membesarkan anak-anak mereka.
Bagian 3
-
Kalimat topik paragraf pertama adalah kalimat ….
- (1)
- (2)
- (3)
- (4)
Jawaban : aTopik adalah apa yang dibahas dalam teks bacaan/paragraf.
Ciri kalimat topik :
- Mengandung permasalahan yang dapat diuraikan lebih lanjut.
- Biasanya berupa kalimat lengkap yang dapat berdiri sendiri.
- Mempunyai arti yang jelas tanpa dihubungkan dengan kalimat lain.
- Dapat dibentuk tanpa kata sambung atau transisi.
- Pada paragraf induktif, kalimat utama sering kali ditandai kata-kata kunci seperti:
- Sebagai kesimpulan …
- Yang penting …
- Jadi, …
- Dengan demikian …
-
Kesalahan penggunaan tanda baca koma terdapat pada kalimat ….
- (3)
- (5)
- (7)
- (8)
Jawaban : aTanda koma dipakai untuk memisahkan kalimat setara yang satu dari kalimat setara berikutnya yang didahului oleh kata seperti ‘tetapi’ atau ‘melainkan’.
-
Pertanyaan manakah yang jawabnya tidak ditemukan dalam teks tersebut?
- Apa keuntungan teknologi digital bagi generasi sekarang?
- Mengapa generasi sekarang berbeda dengan generasi sebelumnya?
- Di manakah generasi sekarang biasa menggunakan teknologi digital?
- Bagaimana pendapat pakar mengenai model pembelajaran yang ideal?
Jawaban : cDi manakah kata tanya yang menyatakan tempat. Sementara itu, dalam teks tersebut di atas tidak dijelaskan di mana tempat kejadiannya.
-
Kata ganti mereka pada kalimat (5) merujuk pada ….
- generasi acuh tak-acuh
- generasi ini
- generasi
- remaja
Jawaban : cKata ganti mereka merujuk pada kalimat “Generasi hari ini berbeda dengan generasi sebelumnya karena generasi hari ini lahir di tengah kecanggihan teknologi digital”.
-
Kelemahan paragraf kedua teks tersebut adalah ….
- data tidak dipaparkan dengan jelas dan menyeluruh
- hal yang harus dilakukan guru dalam mengajar tidak dikemukakan
- pentingnya pembelajaran seumur hidup tidak dijelaskan
- gaya belajar sequential, sensing, dan visual tidak dijabarkan
Jawaban : cPada kalimat simpulan menyebutkan “Jadi, yang terpenting bukan hanya tentang apa yang diketahui ketika mereka lulus, melainkan juga untuk mencintai pembelajaran seumur hidup”. Seharusnya pada kalimat penjelas yang terdapat pada paragraf tersebut perlu menjelaskan tentang pembelajaran seumur hidup.
(1) Generasi hari ini berbeda dengan generasi sebelumnya karena generasi hari ini lahir di tengah kecanggihan teknologi digital sehingga mereka dimanjakan game online dan media sosial. (2) Sejatinya, smart phone mendukung proses belajar-mengajar sehingga proses transfer of knowledge dan pembinaan karakter dan keterampilan berjalan lancar. (3) Namun, kita juga sering menjumpai remaja yang berada dalam sebuah forum tanpa komunikasi satu dengan yang lain, karena asyik dengan dunianya sendiri. (4) Meminjam bahasa Don Tapscott (2013), generasi ini adalah generasi acuh tak-acuh. (5) Minat mereka hanya mengenai budaya populer, para pesohor, dan teman-teman mereka. (6) Hal itu menunjukkan bahwa teknologi digital membawa sejumlah dampak positif dan negatif.
(7) Menurut Felder dan Soloman (1993), “Pembelajaran di zaman informasi ini memunyai kecenderungan gaya belajar aktif, sequential, sensing, dan visual.” (8) Fokus pembelajaran adalah pembelajaran seumur hidup, bukan demi ujian semata. (9) Guru tidak perlu khawatir jika siswa lupa tanggal peristiwa penting dalam sejarah, karena mereka dapat mencarinya melalui buku dan web. (10) Guru perlu mengajari mereka cara belajar yang baik dan mendorong mereka untuk gemar membaca dan menulis. (11) Jadi, yang terpenting bukan hanya tentang apa yang diketahui ketika mereka lulus, melainkan juga untuk mencintai pembelajaran seumur hidup.
(Diadaptasi dari http://koran tempo.co/konten)
Bagian 4
-
Gagasan utama paragraf pertama adalah ….
- kerusakan alam dan lingkungan hidup akibat ulah manusia
- terancamnya eksistensi planet bumi akibat krisis lingkungan
- adanya banjir tahunan akibat kerusakan lingkungan hidup
- adanya krisis lingkungan dalam skala nasional dan global
Jawaban : aGagasan utama adalah pokok pikiran yang menjiwai suatu paragraf. Gagasan utama paragraf tersebut adalah pada kalimat (1) Dewasa ini, ulah manusia melakukan perusakan alam dan sistem lingkungan yang menopang kehidupan semakin nyata. Dengan demikian gagasan utamanya ”kerusakan alam dan lingkungan hidup sebagai akibat ulah manusia”.
-
Penggunaan diksi yang tidak tepat terdapat pada kalimat ….
- (1)
- (3)
- (4)
- (8)
Jawaban : bMengacu pada kata sebelumnya seharusnya menggunakan istilah degradasi lingkungan bukan degradasi lahan. Maksud degradasi lingkungan adalah penurunan kualitas lingkungan yang diakibatkan oleh kegiatan pembangunan yang dicirikan oleh tidak berfungsinya secara baik komponen-komponen lingkungan sebagaimana mestinya.
-
Kesalahan penggunaan tanda baca terdapat pada kalimat ….
- (11)
- (12)
- (13)
- (14)
Jawaban : dTanda koma dipakai:
- di belakang kata atau ungkapan penghubung antarkalimat yang terdapat pada awal kalimat dan
- di antara unsur-unsur dalam suatu perincian atau pembilangan.
Pada kalimat (14) seharusnya “(14) Padahal, lahan dengan sumber dayanya berfungsi sebagai penyangga kehidupan hewan, tumbuhan, dan manusia.
-
Apakah penyebab utama terjadinya kerusakan lingkungan?
- Manusia memandang alam sebagai bagian dari kehidupannya.
- Adanya kesalahan cara pandang manusia terhadap alam.
- Cara pandang seseorang memengaruhi perilakunya.
- Cara pandang manusia terhadap alam berbeda-beda.
Jawaban : bJawaban B merupakan pertanyaan yang sesuai dengan isi teks tersebut pada kalimat (15) Kesalahan cara pandang dan pemahaman manusia tentang sistem lingkungan mempunyai andil besar terhadap kerusakan lingkungan.
-
Kalimat yang tidak efektif adalah kalimat ….
- (1) dan (3)
- (2) dan (5)
- (6) dan (8)
- (7) dan (9)
Jawaban : dCiri-ciri kalimat efektif adalah:
- Adanya kesatuan gagasan, yaitu memiliki subjek, predikat, serta unsur-unsur lain (O/K) yang saling mendukung serta membentuk kesatuan tunggal.
Contoh: Di dalam keputusan itu merupakan kebijaksanaan yang dapat membantu keselamatan umum.
Kalimat tersebut tidak efektif karena kata “Di dalam keputusan itu” bukan subjek, melainkan sebuah keterangan maka kata “Di dalam” dihilangkan. - Adanya kesejajaran, yaitu memiliki kesamaan bentukan/imbuhan.
Contoh: “Kakak menolong anak itu dengan dipapahnya ke pinggir jalan”.
Kalimat tersebut tidak memiliki kesejajaran antara predikat-predikatnya. Yang satu menggunakan predikat aktif, yakni imbuhan me-, sedang yang satu lagi menggunakan predikat pasif, yakni menggunakan imbuhan di- maka perlu diubah sebagai berikut.
“Anak itu ditolong kakak dengan dipapahnya ke pinggir jalan”. Atau “Kakak menolong anak itu dengan memapahnya ke pinggir jalan”. - Adanya kehematan, yaitu tidak boleh menggunakan kata-kata yang tidak perlu.
Contoh: “Bunga-bunga mawar, anyelir, dan melati sangat disukainya”.
Pemakaian kata bunga-bunga dalam kalimat di atas tidak perlu karena kata mawar, anyelir, dan melati terkandung makna bunga maka perlu diubah sebagai berikut.
“Mawar, anyelir, dan melati sangat disukainya”. - Adanya penekanan, yaitu kalimat yang dipentingkan harus diberi penekanan. Caranya: Mengubah posisi dalam kalimat, yakni dengan cara meletakkan bagian yang penting di depan kalimat.
Contoh: “Harapan kami adalah agar soal ini dapat kita bicarakan lagi pada kesempatan lain”
Kalimat tersebut tidak efektif maka perlu mengubah posisi dalam kalimat, yakni dengan cara meletakkan bagian yang penting di depan kalimat sebagai berikut. “Pada kesempatan lain, kami berharap kita dapat membicarakan lagi soal ini”.
-
Apa simpulan isi teks tersebut?
- Kerusakan lingkungan selalu disebabkan oleh ulah manusia.
- Kerusakan alam dan lingkungan terjadi dalam lingkungan nasional dan global.
- Ada banyak faktor penyebab terjadinya kerusakan alam dan lingkungan.
- Krisis lingkungan sudah sampai mengancam eksistensi planet bumi.
Jawaban : aSimpulan adalah pendapat akhir berdasarkan pendapat-pendapat sebelumnya. Simpulan mencakup keseluruhan isi bacaan. Simpulan pada bacaan tersebut ditunjukkan pada kalimat “(1) Dewasa ini ulah manusia melakukan perusakan alam dan sistem lingkungan yang menopang kehidupan semakin nyata”.
-
Tujuan penulisan teks tersebut adalah ….
- menjelaskan berbagai faktor penyebab kerusakan lingkungan
- membuktikan pentingnya bersikap hati-hati terhadap lingkungan
- menjelaskan bahwa kerusakan lingkungan disebabkan ulah manusia
- menggambarkan terjadinya kerusakan lingkungan di lingkup nasional dan global
Jawaban : cIsi bacaan tersebut terdapat pada kalimat “(1) Dewasa ini ulah manusia melakukan perusakan alam dan sistem lingkungan yang menopang kehidupan semakin nyata dan (15) Kesalahan cara pandang dan pemahaman manusia tentang sistem lingkungan memunyai andil besar terhadap kerusakan lingkungan”. Tujuan penulis adalah menjelaskan bahwa ulah manusia dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan.
-
Apa judul yang tepat untuk teks tersebut?
- Akibat Kerusakan Lingkungan Hidup
- Lingkup Kerusakan Lingkungan Hidup
- Cara Pandang terhadap Lingkungan Hidup
- Berbagai Bentuk Kerusakan Lingkungan Hidup
Jawaban : eJudul adalah kepala karangan dan judul merupakan bagian dari tema suatu karangan.
Syarat-syarat judul:
- harus berbentuk frasa;
- tanpa ada singkatan atau akronim;
- awal kata harus huruf kapital kecuali preposisi dan konjungsi;
- tanpa tanda baca di akhir judul karangan;
- menarik perhatian;
- logis;
- sesuai dengan isi;
- judul harus: asli, relevan, provakitif, dan singkat.
-
Apa simpulan keseluruhan isi tabel dalam teks tersebut?
- Jumlah korban manusia dan kerugian di Jakarta Barat adalah yang terbesar.
- Jumlah area yang terkena banjir, korban, dan kerugian di seluruh Jakarta sama.
- Jumlah korban mengungsi di Jakarta Barat lebih besar daripada Jakarta Timur.
- Jumlah korban meninggal tidak sama di seluruh wilayah Jakarta.
Jawaban : eSimpulan isi tabel tersebut adalah data bencana banjir, korban, dan kerugian Provinsi DKI Jakarta Tahun 2012 pada tiap wilayah menunjukkan perkiraan kerugian yang tidak sama.
-
Apa kelemahan teks tersebut?
- Tidak ada contoh ulah manusia penyebab kerusakan lingkungan.
- Isi tabel tidak terkandung keseluruhan isi paragraf sebelumnya.
- Isi paragraf pertama dan paragraf kedua tidak berhubungan.
- Tidak ada penjelasan faktor penyebab kerusakan alam.
Jawaban : bKelemahan isi tabel adalah tidak memasukkan penjelasan yang ada dalam paragraf ke dalam tabel secara keseluruhan.
(1) Dewasa ini ulah manusia melakukan perusakan alam dan sistem lingkungan yang menopang kehidupan semakin nyata. (2) Akibatnya, krisis lingkungan yang terjadi dalam skala nasional dan global, sudah sampai pada tahap yang serius mengancam eksistensi planet bumi tempat manusia, hewan, dan tumbuhan melangsungkan kehidupan. (3) Salah satu indikator kerusakan lingkungan adalah adanya degradasi lahan cukup nyata di depan mata. (4) Misalnya, banjir tahunan yang semakin besar dan meluas, sedimentasi sungai dan danau, tanah longsor, dan kelangkaan air, baik secara kuantitas ataupun kualitas. (5) Polusi air dan udara, pemanasan global, perubahan iklim, kefanaan spesies tumbuhan dan hewan, serta ledakan hama dan penyakit merupakan gejala lain yang serius mengancam penghidupan di planet bumi.
(6) Berbagai kasus kerusakan lingkungan yang terjadi dalam lingkup nasional dan global tersebut berakar dari perilaku manusia yang tidak bertanggung jawab terhadap lingkungannya. (7) Sebagai contoh dalam lingkup lokal, misalnya penebangan liar dan perusakan ekosistem hutan yang terjadi hampir seluruh pulau Indonesia. (8) Salah satu akibat yang dirasakan oleh masyarakat adalah banjir yang terjadi di berbagai pelosok tanah air. (9) Bahkan, di berbagai kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, dan Semarang merupakan peristiwa rutin tiap tahun. (10) Bencana banjir sudah pasti menyebabkan berbagai korban, kesusahan, dan kerugian harta benda, bahkan nyawa manusia.
Tabel Bencana Banjir, Korban, dan Kerugian Provinsi DKI Jakarta Tahun 2012
Kota Madya | Total Area Terendam (Ha) | Korban (Jiwa) | Perkiraan Kerugian (Rp) | |
Mengungsi | Meninggal | |||
Jakarta Selatan | 1 | 8.911 | 1 | 35.000.000.000,00 |
Jakarta Timur | 1 | 3.700 | 0 | 24.000.000.000,00 |
Jakarta Pusat | 1 | 500 | 0 | 20.000.000.000,00 |
Jakarta Barat | 1 | 12.500 | 2 | 85.000.000.000,00 |
Jakarta Utara | 1 | 800 | 1 | 15.000.000.000,00 |
(Diadaptasi dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Provinsi DKI Jakarta, 2012)
(11) Ada berbagai bentuk kerusakan lingkungan di muka bumi ini, tetapi selalu manusia yang menjadi penyebab utama. (12) Peningkatan jumlah penduduk yang sangat pesat, juga telah mengakibatkan terjadinya eksplorasi berlebihan terhadap sumber daya alam. (13) Hal itu terlihat pada eksplorasi hutan dan tambang yang memacu terjadinya kerusakan lingkungan dan degradasi lahan. (14) Padahal lahan dengan sumber dayanya berfungsi sebagai penyangga kehidupan hewan, tumbuhan, dan manusia. (15) Kesalahan cara pandang dan pemahaman manusia tentang sistem lingkungan memunyai andil besar terhadap kerusakan lingkungan. (16) Cara pandang demikian telah melahirkan perilaku yang eksploitatif dan tidak bertanggung jawab terhadap kelestarian sumber daya alam dan lingkungan.
Bagian 5
-
Apa gagasan utama paragraf ke-2?
- Komunitas peduli sampah memamerkan lukisan bertajuk Mengeja Laku Liku Kaliku.
- Komunitas peduli sampah mengadakan kegiatan budaya di tepi kali.
- Komunitas peduli sampah meningkatkan kepedulian warga akan kebersihan sungai.
- Komunitas peduli sampah memamerkan barang yang diproduksi dari sampah sungai.
Jawaban : bGagasan utama merupakan hal atau pokok pembicaraan dalam suatu paragraf/bacaan. Pokok pembicaraan pada teks tersebut adalah kegiatan Komunitas Peduli Sampah berupa kegiatan budaya (pameran lukisan, hasil produk daur ulang sampah sungai, dan seni pertunjukkan) di tepi Sungai Cisadane.
-
Pada kalimat nomor berapa terdapat kesalahan penggunaan tanda koma?
- 1
- 2
- 3
- 6
Jawaban : dPenggunaan tanda baca koma pada kalimat ke-6 salah. Tanda koma (,) seharusnya dihilangkan. Tanda koma digunakan jika anak kalimat mendahului induk kalimat. Karena kondisi sungai sudah sangat memprihatinkan, pinggiran Kali Cisadane dipilih sebagai lokasi acara.
TRIK:
Kata hubung -> Anak kalimat -> Tanda koma -> Induk kalimat
Induk kalimat -> Kata hubung -> Anak kalimat
-
Pernyataan mana yang TIDAK sesuai dengan teks?
- Kali Cisadane dijadikan tempat kegiatan budaya agar warga peduli akan sungai.
- Kali Cisadane menjadi tempat yang sangat menyenangkan bagi aktivis lingkungan.
- Kali Cisadane menjadi pusat kegiatan pergelaran seni budaya oleh komunitas peduli sampah.
- Kali Cisadane merupakan salah satu sungai yang perlu mendapatkan perhatian khusus.
Jawaban : bKalimat Kali Cisadane menjadi tempat yang sangat menyenangkan bagi aktivis lingkungan tidak merujuk pada isi teks tersebut.
-
Apa yang dirujuk oleh kata mereka pada kalimat (5)?
- Komunitas peduli sampah.
- Pengusaha peduli sampah.
- Warga yang tinggal di tepi kali.
- Aktivis peduli sampah.
Jawaban : aKata mereka pada kalimat (5) merujuk pada penyelenggara kegiatan budaya di tepi sungai Cisadane yang diikuti oleh segenap lapisan masyarakat (warga, pengusaha, aktivis, dan pelaku seni dalam lomba).
-
Apa kelemahan paragraf di atas?
- Penggunaan kata selain pada kalimat (1).
- Penggunaan kata berbagai pada kalimat (2).
- Penggunaan kata bahkan pada kalimat (3).
- Penggunaan kata sudah pada kalimat (6).
Jawaban : eKata jadi pada kalimat (7) seharusnya dihilangkan. Kata jadi menunjukkan bahwa kalimat tersebut sebagai sebuah kesimpulan dari pernyataan-pernyataan sebelumnya. Padahal kalimat (7) bukan sebagai sebuah kesimpulan, tetapi sebagai tujuan dari pernyataan-pernyataan sebelumnya.
(1) Selain pameran lukisan bertajuk Mengeja Laku Liku Kaliku, komunitas peduli sampah selaku penyelenggara festival memamerkan berbagai barang yang diproduksi dari sampah sungai, seperti tas, keranjang, vas bunga, dan lampion. (2) Berbagai seni pertunjukan juga digelar selama festival berlangsung, seperti acara tradisi palang pintu Betawi, atraksi manusia petasan di atas bukit, debus, karinding, dan lenong. (3) Bahkan, partisipasi dilakukan juga oleh warga, pengusaha, aktivis, dan pelaku seni dalam lomba, seperti lomba memancing sampah dan lomba mewarnai. (4) Festival semakin semarak dengan sajian berbagai jajanan tradisional dan kuliner. (5) Mereka menggelar kegiatan budaya ini untuk meningkatkan kepedulian warga akan Kali Cisadane. (6) Pinggiran Kali Cisadane dipilih sebagai lokasi acara, karena kondisi sungai sudah sangat memprihatinkan. (7) Jadi, dengan pameran dan pagelaran seni budaya ini, semua pihak, baik pemerintah, pengusaha, aktivis dan pegiat lingkungan, pelaku seni, maupun masyarakat luas diajak untuk bersinergi, peduli, menjaga, merawat, dan melestarikan sungai yang selama ini menjadi sumber kehidupan warga, termasuk kebutuhan air baku. (8) Warga tepi Kali Cisadane menyambut antusias kegiatan budaya ini.
Bagian 6
-
Apa judul yang tepat untuk teks tersebut?
- Pengenalan Kebiasaan Membaca sejak Dini
- Balita dan Kebiasaan Mendengarkan Cerita
- Pembiasaan Anak dalam Mendengarkan Cerita
- Peningkatan Kinerja Otak melalui Membaca
Jawaban : aJudul merupakan kalimat singkat yang menggambarkan isi bahasan/miniatur isi bahasan. Dengan judul, pembaca sudah bisa membayangkan apa yang akan diuraikan dalam bacaan tersebut. Judul yang sesuai dan mampu menggambarkan keseluruhan isi bacaan tersebut adalah Pengenalan Kebiasaan Membaca Sejak Dini.
-
Kalimat manakah yang TIDAK efektif dalam Teks 2?
- 1 dan 7
- 2 dan 8
- 3 dan 9
- 4 dan 10
Jawaban : dSyarat kalimat efektif:
- kebakuan struktur;
- ejaan yang benar;
- tidak ambigu/jelas;
- tidak pleonastis/kehematan kata.
Ketidakefektifan teks 2 tersebut pada kalimat ke-4 dan ke-10. Hal ini karena kedua kalimat tersebut tidak memenuhi unsur kebakuan struktur.
Pada kalimat (4) penggunaan kata menurut menyebabkan kalimat tersebut tidak mempunyai pola S (subjek) kalimat. Kata menurut dihilangkan, sehingga fungsi subjek (S) kalimat tersebut muncul/tidak hilang.
Pada kalimat (10), penggunaan kata pada menyebabkan kalimat tersebut juga tidak mempunyai pola S (subjek) kalimat. Kata pada dihilangkan, sehingga fungsi subjek (S) kalimat tersebut muncul/tidak hilang.
-
Bagaimana hubungan isi antarparagraf dalam teks 2?
- Paragraf ke-2 memaparkan simpulan penelitian yang dibahas pada paragraf ke-1.
- Paragraf ke-2 memerinci temuan penelitian yang dipaparkan pada paragraf ke-1.
- Paragraf ke-2 memaparkan perbedaan perilaku yang dibahas pada paragraf ke-1.
- Paragraf ke-1 memaparkan penelitian terhadap balita yang diuraikan pada paragraf ke-2.
Jawaban : bParagraf ke-2 menjelaskan/memerinci temuan penelitian tentang kebiasaan anak mendengarkan cerita atau bacaan dari orang tua berpengaruh pada perkembangan otak anak seperti dijelaskan pada paragraf ke-1.
-
Apa simpulan teks tersebut?
- Anak-anak yang belajar membaca pada usia 3 – 5 tahun akan mempercepat perkembangan otaknya.
- Semakin awal kebiasaan membaca buku diperkenalkan, semakin aktif otak anak bekerja.
- Anak-anak yang mulai belajar membaca sejak balita akan menjadi anak-anak yang otak kirinya lebih aktif.
- Kebiasaan mendengarkan cerita dan membaca sejak usia balita berdampak positif untuk perkembangan otak.
Jawaban : dBacaan tersebut membahas kebiasaan anak mendengarkan cerita dari orang tua dan pengenalan kebiasaan membaca sejak balita.
-
Apa gagasan utama yang tepat untuk paragraf selanjutnya dari teks tersebut?
- Tujuan membiasakan anak membaca cerita sejak usia dini.
- Strategi penerapan hasil penelitian untuk pendidikan anak.
- Faktor-faktor yang dapat mendorong anak gemar membaca.
- Manfaat kebiasaan membaca dan mendengarkan cerita pada anak.
Jawaban : bBerdasarkan isi paragraf ke-1 dan ke-2, maka gagasan utama yang sesuai untuk paragraf berikutnya adalah bagaimana temuan hasil penelitian tentang kebiasaan mendengarkan cerita dan membaca sejak dini bagi anak balita diterapkan dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat. Dengan demikian, unsur kohesi/ ide utama dan koheren/keterpaduan antar paragraf terpenuhi.
(1) Sebuah studi menunjukkan bahwa anak yang dibiasakan mendengarkan cerita sejak dini dan dikenalkan dengan kebiasaan membaca memiliki perkembangan jaringan otak yang lebih awal. (2) Sebaliknya, anak yang tidak dikenalkan dengan kebiasaan membaca memiliki perkembangan yang kurang pada jaringan tersebut. (3) Anak-anak balita dengan orang tua yang rutin membacakan buku untuk mereka mengalami perbedaan perilaku dan prestasi akademik dengan anak-anak dengan orang tua yang cenderung pasif dalam membacakan buku. (4) Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics menemukan perbedaan yang juga terjadi pada aktivitas otak anak. (5) Peneliti mengamati perubahan aktivitas otak anak-anak usia 3 sampai dengan 5 tahun yang mendengarkan orang tua mereka membacakan buku melalui scanner otak yang disebut functional magnetic resonance imaging (FMRI). (6) Orang tua menjawab pertanyaan tentang berapa banyak mereka membacakan cerita untuk anak-anak serta seberapa sering melakukan komunikasi. (7) Para peneliti melihat bahwa ketika anak-anak sedang mendengarkan orang tua bercerita, sejumlah daerah di bagian kiri otak menjadi lebih aktif. (8) Ini adalah daerah yang terlibat dalam memahami arti kata, konsep, dan memori. (9) Wilayah otak ini juga menjadi aktif ketika anak-anak bercerita atau membaca. (10) Pada studi ini menunjukkan bahwa perkembangan daerah ini dimulai pada usia yang sangat muda. (11) Yang lebih menarik adalah bagaimana aktivitas otak di wilayah ini lebih sibuk pada anak-anak yang orang tuanya gemar membaca. (12) Membacakan buku untuk anak membantu pertumbuhan neuron di daerah ini yang akan menguntungkan anak di masa depan dalam hal kebiasaan membaca. (Diadaptasi dari http-health. kompas_com2re2d12016/02:07/135500623/ Membacakan.Buku.Me ningkatkan.Kinerja. Otak.Balita)
Bagian 7
-
Apa makna kata kompeten pada kalimat (6) Teks A?
- Ahli
- Pintar
- Pakar
- Hebat
Jawaban : eMakna kata dalam sebuah teks, mengacu pada makna kontekstual. Makna kata kompeten dalam teks A tersebut adalah cakap. Makna kontekstual cakap: mempunyai kemampuan dan kepandaian untuk mengerjakan sesuatu.
-
Berdasarkan isi Teks A, kepada siapa penulis berpihak?
- Tenaga terampil bidang bioteknologi.
- Peneliti bidang bioteknologi.
- Lembaga penelitian bioteknologi.
- Pengusaha bidang bioteknologi.
Jawaban : cKeberpihakan penulis dalam tulisannya biasanya mengacu kepada pihak/kelompok yang membutuhkan dukungan. Isi teks A tersebut berpihak kepada Lembaga Penelitian Bioteknologi. Hal ini tampak pada kondisi minimnya sumber daya manusia bidang bioteknologi yang kompeten, padahal sangat dibutuhkan sebab bioteknologi merupakan pertahanan terdepan ketahanan pangan dan perkembangan bioteknologi global dan bisnis yang terkait sangat menjanjikan.
-
Apa perbedaan tujuan penulisan Teks A dengan Teks B?
- Teks A menjelaskan definisi bioteknologi; teks B memaparkan ilmu-ilmu yang mendasari bioteknologi.
- Teks A menjelaskan pentingnya pengembangan SDM bioteknologi; teks B menjelaskan penolakan pemanfaatan bioteknologi.
- Teks A menguraikan peran bioteknologi di bidang pangan; teks B memaparkan peran bioteknologi di bidang kesehatan manusia.
- Teks A memaparkan keunggulan bioteknologi; teks B memaparkan kelemahan bioteknologi.
Jawaban : ePerbedaan tujuan penulisan teks A dan B tampak jelas dari isi uraiannya. Teks A lebih menjelaskan tentang bioteknologi dan kendala yang ada, khususnya tantangan SDM bidang bioteknologi yang terbatas. Teks B lebih fokus pada pengembangan dan perkembangan kemajuan bioteknologi untuk kepentingan berbagai aspek kehidupan.
-
Informasi apa yang ada di dalam Teks B, tetapi TIDAK dimuat dalam Teks A?
- Deinisi bioteknologi.
- Pengembangan SDM bioteknologi.
- Penolakan terhadap bioteknologi.
- Cakupan bidang bioteknologi.
Jawaban : cInformasi yang tidak terdapat pada teks A adalah adanya penolakan terhadap bioteknologi karena dianggap kontroversial, misalnya bayi tabung, pengkloningan manusia, dan transplantasi organ.
-
Apa kelemahan isi teks?
- Teks A tidak memuat secara terperinci contoh bidang bioteknologi.
- Teks B tidak memuat manfaat bioteknologi bagi kehidupan.
- Teks B tidak menjelaskan latar tentang produksi barang dan jasa.
- Teks A tidak memuat alasan pentingnya pengembangan SDM bioteknologi.
Jawaban : eKelemahan teks tersebut terdapat pada teks 3B yang tidak menjelaskan komitmen negara maju mendukung bioteknologi. Hal ini penting karena munculnya kontroversi kemajuan bidang bioteknologi yang dianggap menyalahi kodrat alam. Sehingga, pembaca terbawa suasana kebingungan menyikapi produk bioteknologi.
TEKS A
(1) Bioteknologi merupakan teknologi dengan pemanfaatan mikroorganisme, tanaman, atau hewan melalui modifikasi proses seluler untuk menghasilkan produk yang bermanfaat. (2) Banyak negara, khususnya negara-negara maju, menjadikan bioteknologi sebagai pertahanan terdepan ketahanan pangan. (3) Penelitian bioteknologi mencakup berbagai bidang, yaitu pertanian, petemakan, farmakoseutika, kimia, pemrosesan makanan, dan fermentasi. (4) Di Indonesia sumber daya manusia yang berkompetensi di bidang bioteknologi masih sedikit dan terbatas. (5) Padahal, perkembangan bioteknologi global dan bisnis yang terkait sangat menjanjikan. (6) Tenaga terampil dan ahli yang kompeten di bidang bioteknologi sangat diperlukan. (7) Pendidikan dan pengembangan SDM di bidang bioteknologi harus mendapat prioritas dan dukungan, baik dari pemerintah, universitas, lembaga penelitian, maupun perusahaan swasta terkait. (8) Semua pihak harus mendukung agar SDM bidang bioteknologi semakin banyak.
TEKS B
(9) Dewasa ini perkembangan bioteknologi tidak hanya didasari oleh biologi semata, tetapi juga oleh ilmu-ilmu terapan dan murni lain, seperti biokimia, komputer, biologi molekular, mikrobiologi, genetika, kimia, matematika, dan lain sebagainya. (10) Dengan kata lain, bioteknologi adalah ilmu terapan yang menggabungkan berbagai cabang ilmu dalam proses produksi barang dan jasa. (11) Banyak negara menjadikan bioteknologi sebagai pertahanan terdepan ketahanan pangannya, khususnya di negara-negara maju. (12) Akan tetapi, tidak semua pihak dapat menerima bioteknologi karena dianggap bertentangan dengan kodrat alam. (13) Bioteknologi memunculkan kontroversi, misalnya bayi tabung, pengkloningan manusia, dan transplantasi organ. (14) Kemajuan di bidang bioteknologi tidak terlepas dari berbagai kontroversi yang melingkupi perkembangan teknologinya.
(Diadaptasi dari beberapa sumber)
Bagian 8
-
Pernyataan berikut yang sesuai dengan isi bacaan di atas adalah ….
- Semakin rendah posisi suatu tempat, semakin rendah pula suhu udaranya.
- Semakin rendah posisi suatu tempat, semakin sejuk udaranya.
- Suhu udara di daerah pegunungan lebih panas daripada di daerah pantai.
- Pada kedalaman 10 meter, orang akan merasakan suhu udara yang panas.
Jawaban : dPernyataan yang sesuai dengan maksud bacaan tersebut adalah Salah satu sumber energi yang agak permanen adalah geotermal, yaitu energi panas yang dihasilkan dari perut bumi. Sehingga (D) pada kedalaman 10 meter, orang akan merasakan suhu udara yang panas.
-
Ide pokok bacaan di atas adalah ….
- energi geotermal
- energi panas perut bumi
- sumber panas bumi
- magma
Jawaban : aIde pokok bacaan adalah ide dasar yang menjadi fokus pembahasan dalam bacaan tersebut. Ide pokok bacaan tersebut adalah energi geotermal.
Salah satu sumber energi yang agak permanen adalah geotermal, yaitu energi panas yang dihasilkan dari perut bumi. Jauh di permukaan bumi terdapat sumber panas yang sangat tinggi sehingga semua batuan, bahkan semua benda berubah menjadi cair. Batuan cair yang bersuhu tinggi tersebut dinamakan magma. Magma selalu memanasi kerak bumi sehingga temperatur lapisan kulit keras baja (25 sampai dengan 50 km) sekitar 200 – 1.000 derajat celcius. Sementara itu, pada pusat bumi (6.378 km) temperatur berkisar antara 3.500 – 4.500 derajat celcius.
Bagian 9
-
Fakta-fakta berikut terdapat pada kutipan, KECUALI .....
- Di Malioboro muncul istilah “becak hotel”.
- Paguyuban-paguyuban “becak hotel” memiliki tingkat solidaritas lebih baik daripada paguyuban lainnya.
- Mereka memiliki aturan organisasi tertulis berikut sanksi-sanksi jika anggotanya melanggar aturan.
- Saat mengantarkan penumpang, mereka harus berseragam.
Jawaban : bFakta adalah sebuah pernyataan/ peristiwa yang terjadi secara nyata, terukur, dan telah menjadi suatu kenyataan. Fakta dapat diketahui dengan menjawab pertanyaan dengan kata tanya apa, siapa, kapan, dimana, dan berapa. Lawan dari fakta adalah opini. Pernyataan yang bersifat opini berisi pendapat yang bersifat subjektif berdasarkan orang yang menyampaikan. Opini dapat diketahui dengan menjawab pertanyaan dengan kata tanya bagaimana.
Pernyataan yang bukan fakta/opini dalam teks tersebut seperti pada jawaban B, Paguyuban-paguyuban “becak hotel” memiliki tingkat solidaritas lebih baik daripada paguyuban lainnya.
Ciri yang menunjukkan bahwa kalimat tersebut bukan fakta adalah bahwa kalimat tersebut adalah jawaban dari pertanyaan bagaimana.
-
Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan teks adalah .....
- Istilah “becak hotel” hanya terdapat di Malioboro.
- Di Malioboro terdapat paguyuban-paguyuban becak hotel.
- Para pengemudi becak dalam paguyuban Mulia Bumi Artha sudah memiliki becak sendiri.
- Para pengemudi becak yang tergabung dalam paguyuban memiliki sifat profesional.
Jawaban : ePernyataan yang tidak sesuai dengan teks tersebut adalah dana paguyuban berasal dari bantuan pihak hotel. Dana paguyuban berasal dari iuran tiap anggota paguyuban.
-
Dari wacana di atas, kita dapat merangkum bahwa .....
- di Malioboro, terdapat paguyuban “becak hotel”
- pihak hotel tidak melarang kehadiran becak-becak di hotel
- paguyuban-paguyuban “becak hotel” memiliki tingkat solidaritas lebih baik daripada paguyuban lainnya
- keberadaan paguyuban “becak hotel” mend apat dukungan dari pihak hotel
Jawaban : dRangkuman adalah ringkasan sebuah teks secara singkat dan jelas yang meng gambarkan isi keseluruhan teks. Rangkuman yang sesuai dengan teks tersebut adalah Keberadaan paguyuban “becak hotel” mendapat dukungan dari pihak hotel.
Di Malioboro muncul istilah “becak hotel” adalah becak yang mangkal di depan hotel dan mengantar tamu-tamu hotel ke tempat sepanjang Malioboro. “Becak hotel” ini memiliki paguyuban. Biasanya, hotel berbintang di Malioboro menjalin kerja sama dengan paguyuban becak yang mangkal di depan hotel mereka.
Paguyuban-paguyuban “becak hotel” memiliki tingkat solidaritas lebih baik daripada paguyuban lainnya. Mereka memiliki aturan organisasi tertulis berikut sanksi-sanksi jika anggotanya melanggar aturan. Iuran bulanan dilaksanakan secara ketat dan lebih besar daripada iuran di paguyuban lain. Misalnya, paguyuban becak Mulia Bumi Artha yang mangkal di gerbang selatan Hotel Inna Garuda pernah memiliki saldo 26 juta rupiah. Dengan saldo itu, mereka dapat membeli becak bagi semua anggota paguyuban. Tingkat disiplin mereka sangat tinggi. Saat mengantarkan penumpang, mereka harus berseragam. Jika tidak berseragam, mereka tidak boleh mencari penumpang.
1 2 3 4 5 6 7 8 9