MATERI SBMPTN EKONOMI
Sistem Ekonomi

A. PENGERTIAN SISTEM EKONOMI

Sistem  ekonomi   dapat  diartikan  sebagai  seperangkat  mekanisme  dan  institusi  untuk menjawab pertanyaan apa, bagaimana, dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi (McEachern, 2000:35). Sistem ekonomi  adalah perpaduan aturan atau cara yang merupakan satu kesatuan, yakni digunakan  untuk mencapai tujuan dalam perekonomian.

B.  MACAM-MACAM SISTEM EKONOMI

a. Sistem Ekonomi Tradisional
Sistem  ekonomi   tradisional   adalah  sistem  ekonomi   yang  diterapkan  oleh   masyarakat tradisional   secara  turun-temurun,  mengandalkan   alam  dan  tenaga  kerja. Ciri-ciri  sistem ekonomi tradisional  sebagai berikut.
  1. Pemecahan masalah ekonomi dilakukan sesuai aturan atau tradisi yang ada.
  2. Teknik produksi dipelajari secara turun-temurun dan bersifat sederhana.
  3. Produksi hanya untuk kelompoknya.
  4. Pertukaran dilakukan dengan sistem barter.
  5. Belum mengenal pembagian  kerja.
Kebaikan dan kelemahan sistem ekonomi tradisional sebagai berikut.
  1. Kebaikan: tidak terjadi persaingan, kegiatan dilakukan tidak untuk kepentingan sendiri.
  2. Kelemahan:  produktivitas  rendah,  daya kreasi individu  tidak  tampak,  tidak  bertujuan mencari keuntungan.
b. Sistem Ekonomi Terpusat/Komando
Sistem ekonomi terpusat atau komando  adalah sistem di mana seluruh kegiatan ekonomi diatur melalui perencanaan dari pusat atau negara. Ciri-ciri sistem ekonomi komando sebagai berikut.
  1. Kebebasan individu dalam berusaha tidak maksimal.
  2. Hak milik perorangan tidak diakui.
  3. Alat-alat produksi sepenuhnya dimiliki pemerintah.
Kebaikan dan kelemahan sistem ekonomi komando sebagai berikut.
  1. Kebaikan:  berbagai  masalah ekonomi,  seperti  inflasi  dan  pengangguran   lebih  mudah dikendalikan,  kebutuhan masyarakat terpenuhi secara merata.
  2. Kelemahan: daya kreasi masyarakattidak berkembang, individu tidak memiliki kebebasan dalam berusaha.
c. Sistem Ekonomi Pasar
Sistem ekonomi  pasar adalah  sistem  ekonomi  yang  mengandalkan  kekuatan  mekanisme pasar dalam memecahkan persoalan ekonomi. Ciri-ciri sistem ekonomi pasar sebagai berikut.
  1. Pemerintah tidak ikut campur dalam kegiatan ekonomi.
  2. Hak milik seseorang diakui.
  3. Setiap individu bebas dalam mengatur faktor produksi.
  4. Motivasi mencari keuntungan.
Kebaikan dan kelemahan sistem ekonomi pasar sebagai berikut.
  1. Kebaikan: efisiensi dan hasil produksi berkualitas tinggi  karena seluruh tindakan ekonomi berdasarkan motif ekonomi, daya kreasi, dan inovasi setiap individu berkembang  pesat.
  2. Kelemahan:  dapat terjadi  persaingan  yang tidak  sehat,  pemilik  modal dapat  bertindak sesuka hati, dan terjadi eksploitasi terhadap faktor produksi yang tidak terkontrol.
Sistem ekonomi  ini juga dikenal sebagai sistem ekonomi  liberal atau kapitalis. Negara yang menganut sistem ekonomi liberal, antara lain Amerika Serikat, lnggris, Prancis, Kanada, Swiss, dan Jepang.

d. Sistem Ekonomi Campuran
Sistem ekonomi campuran adalah sistem ekonomi di mana pemerintah dan masyarakat saling berinteraksi dalam memecahkan masalah ekonomi. Melalui sistem ini, mekanisme harga dan pasar dapat  berdampingan   karena adanya  perencanaan  dan  peranan  pemerintah  dalam mengendalikan  pasar.

C.  SISTEM EKONOMI INDONESIA

Sistem  ekonomi  yang  diterapkan  di  Indonesia  adalah  sistem  ekonomi  Pancasila,  di  mana di  dalamnya  terdapat konsep demokratis sehingga dikenal juga  sebagai  sistem ekonomi demokratis. Dalam sistem ini, kegiatan ekonomi dilakukan dari, oleh, dan untuk rakyat dengan pengawasan pemerintah hasil pilihan rakyat.
Kebaikan sistem ekonomi demokratis:
  1. Cabang-cabang  produksi  yang penting  bagi negara dan menguasai hajat  hidup  orang banyak dikuasai oleh negara.
  2. Bumi,  air,  dan  kekayaan  alam  yang  terkandung   di  dalamnya  dikuasai  negara  dan dipergunakan  untuk sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat.
  3. Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan.
  4. Warga  negara  memiliki  kebebasan dalam  memilih  pekerjaan  yang  dikehendaki  serta mempunyai  hak akan pekerjaan dan penghidupan yang layak.
  5. Hak  milik perorangan  diakui  dan  pemanfaatannya  tidak  boleh  bertentangan  dengan kepentingan masyarakat.
  6. Potensi, inisiatif, dan daya kreasi setiap warga negara dikembangkan  sepenuhnya dalam batas-batas yang tidak merugikan kepentingan umum.
  7. Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara.
Kelemahan sistem ekonomi demokratis:
  1. Sistem  free fight liberalism,  yaitu  sistem  persaingan  bebas yang saling  menghancurkan dan dapat menumbuhkan eksploitasi terhadap manusia dan bangsa lain.
  2. Sistem  etatisme,  di  mana negara beserta  aparatur  ekonomi  negara  bersifat  dominan serta mendesak dan mematikan potensi dan daya kreasi unit-unit ekonomi di luar sektor negara.
  3. Persaingan  tidak  sehat  dan pemusatan  kekuatan  ekonomi  pada satu  kelompok  dalam bentuk monopoli  yang merugikan masyarakat.

0 Response to "MATERI SBMPTN EKONOMI
Sistem Ekonomi"

Post a Comment