PENDAFTARAN PERANGKAT DESA BATANG: Inilah Persyaratan, Materi Ujian, dan Soal & Jawaban Tes Perangkat Desa

Untuk menjadi Perangkat Desa BATANG dengan formasi Sekretaris, Kaur TU, Kaur Keuangan, Kaur Perencanaan, Kasi Pemerintahan, Kasi Kesejahteraan, Kasi Pelayanan, Kepala Dusun Anda harus mendaftar ke panitia Penjaringan dan Penyaringan Perangkat Desa (P3D) mengambil formulir blangko (contoh surat lamaan dan surat pernyataan) ke panitia.

Pendaftaran Perangkat Desa biasanya 7 hari kerja, selama itu anda mengumpulkan persyaratan pendaftaran Perangkat Desa. Calon Perangkat Desa akan melalui beberapa tahap tes atau ujian, soal ujian Perangkat Desa meliputi tes tertulis, Praktik Komputer, dan Wawancara.

Tes tertulis Perangkat Desa menggunakan Computer Assisted Computer(CAT), materi yang akan diujikan biasanya terdiri dari Pancasila, UUD 1945 & TWK, Bahasa Indonesia, Agama Islam, Pemerintahan Daerah & Desa, Pengetahuan Umum, Muatan lokal(pengetahuan tentang Desa).

Setelah dinyatakan lulus ujian tertulis, selanjutnya Anda akan mengikuti seleksi ujian Praktik Komputer Microsoft, mulai dari Microsoft Word(surat menyurat), Microsoft Excell(Tabel hitungan), dan Microsoft Power Point(Presentasi).

Tahap terakhir pada ujian tes perangkat desa yaitu wawancara untuk menilai kemampuan berkomunikasi. Semoga jawaban atas doa dan usahamu selama ini dinyatakan lulus seleksi menjadi Perangkat Desa, Aammiin.

Untuk meningkatkan pemahaman materi ujian Perangkat Desa, berikut ini kumpulan soal Tes Perangkat Desa:
  1. Penyelenggaran urusan pemerintah dan kepentingan masyarakat setempat dalam sistem pemerintahan NKRI disebut...

  2. Unsur pembantu Kepala Desa sebagai pelaksana tugas operasional adalah...

  3. Di bawah ini yang bukan fungsi dari sekretaris desa adalah...

  4. Melaksanakan manajemen tata praja pemerintahan, menyusun rancangan regulasi desa, pembinaan masalah pertanahan, pembinaan ketentraman dan ketertiban, perlindungan masyarakat dan kependudukan adalah tugas dan fungsi dari...

  5. Rencana pembangunan jangka menengah desa adalah rencana kegiatan pembangunan desa untuk jangka waktu...

  6. Dana desa adalah dana yang bersumber dari...

  7. Bendahara desa adalah unsur staf...

  8. Keuangan desa adalah semua hak dan kewajiban desa yang dapat dinilai dengan...

  9. Sekretaris desa dalam urusan keuangan di desa mempunyai tugas...

  10. Pembentukan panitia Kepala Desa ditetapkan dengan...

Skor

/10

Kuis Lagi

Managed by Arief Hidayat. Soal tes perangkat desa 2023. Selamat belajar dan mengerjakan

0 Response to "PENDAFTARAN PERANGKAT DESA BATANG: Inilah Persyaratan, Materi Ujian, dan Soal & Jawaban Tes Perangkat Desa"

Post a Comment